Oktober 26, 2008

Slamet Terima Anugrah Teknologi Energi Limbah

Posted in energi sampah, energi terbarukan tagged , , , , , , , , , , pada 6:39 am oleh Pak Tas

Oleh Endonesia Jumat, 08-Agustus-2008, 12:54:23

Jakarta, Kominfo Newsroom -– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan Anugerah Riset Masyarakat 2008 kepada Slamet Hadiseno, seorang petani yang berhasil mengembangkan dan mengoptimalkan energi alternatif berbahan baku limbah.

Penghar gaan tersebut diterima Slamet, Jumat (8/8), di Istana Negara pada puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-13 Tahun 2008 sekaligus peresmian Pembukaan Ritech Expo 2008.

”Terusla h berinovasi dan menjadi contoh pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna bagi kehidupan masyarakat,” kata Kepala Negara.

Preside n Yudhoyono menilai agenda, fokus dan prioritas riset dan teknologi saat ini, yakni bidang pangan, energi, transportasi, informasi, pertahanan dan kemanan serta kesehatan, sudah tepat untuk menjawab berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Selu ruh hasil inovasi dan penelitian, kata Presiden, harus dapat diaplikasikan untuk sebesar-besarnya kebutuhan masyarakat.

”R iset harus bisa digunakan untuk kebaikan dan berguna bagi masyarakat luas. Tantangan kita adalah bagaimana inovasi dan penelitian bisa diaplikasikan untuk kebutuhan masyarakat,” kata Kepala Negara.

Slamet Hadiseno adalah petani asal Wonosari, Yogyakarta, yang berhasil mengembangkan pertanian di desanya dengan mengoptimalkan energi berbahan baku limbah, seperti limbah tahu, energi biogas, dari kotoran sapi, ketel uap berbahan bakar sekam, serta limbah-limbah kayu.

Selain Slamet, Presiden Yudhoyono juga memberikan penghargaan Ristek-Medco Energi Award kepada Sunit Hendrana yang mengembangkan temuan teknologi ultra fast heterogeneous sulfonation untuk pembuatan membran polimer.

Dalam kesempatan itu Presiden juga memberikan penghargaan lainnya kepada beberapa ilmuwan yang berhasil mengembangkan teknologi terapan.(T.tr/mul/toeb/b)

Sumber:

http://www.endonesia.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=37&artid=1833

1 Komentar »

  1. sevi said,

    awalnya, bapak menemukan ide seperti ini bagaimana,
    tolong utarakan alasan bapak sehingga pemikiran pembuatan/pemanfaatan limbah ini.
    karena saya tertarik dengan pemanfaatannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: