Oktober 31, 2008

Listrik 12 Megawatt dari Sampah

Posted in energi sampah tagged , , , , , pada 8:58 am oleh Pak Tas

Sabtu, 9 Agustus 2008

Inovasi pengelolaan sampah terus dilakukan dinas kebersihan dan pertamanan (DKP) pemkot. Yang terbaru, DKP bakal menggandeng investor untuk membuat pembangkit listrik tenaga sampah di LPA (lokasi pembuangan akhir) Benowo.

Menurut Kepala DKP Hidayat Syah, pihaknya kemarin (7/8) telah melakukan pertemuan dengan Asisten II Bidang Pembangunan Sekkota Muklas Udin. ”Intinya, Pak Muklas setuju dengan hal itu. Selanjutnya, kami akan melakukan presentasi di hadapan Sekkota (Sukamto Hadi) dan wali kota (Bambang D.H.),” katanya.

Bila memang terealisasi, itu merupakan inovasi baru pemkot di bidang pengelolaan sampah. Berdasar perhitungan kasar DKP, gas metan yang dihasilkan sampah bisa membangkitkan listrik sebesar 12 megawatt. ”Itu cukup untuk menyuplai setrum bagi wilayah Benowo dan sekitarnya. Juga, menjadi sumber tenaga listrik bagi banyak lampu PJU (penerangan jalan umum),” urai pejabat berdarah Minang tersebut.

Selain itu, pembangkit listrik tersebut bakal diintegrasikan dengan pembangunan SSC (Surabaya Sport Center) dan RS Surabaya Barat -yang rencananya terletak di dekat Benowo. ”Kalau memang mampu, pembangkit listrik tersebut tentu bisa dijadikan suplai setrum untuk kedua gedung itu,” paparnya.

Hidayat mengatakan bahwa pembangkit listrik itu sepenuhnya dibiayai swasta dan tak menggunakan APBD. ”Secepatnya kami melakukan tender investor. Parameternya, mana yang paling baik dalam arti ekonomis maupun kualitas, itu yang akan kami pilih,” tandasnya.

Kapan tender investor dilakukan? Hidayat mengatakan, setelah presentasi di depan wali kota dan Sekkota, pihaknya akan mengajukan ke DPRD Surabaya. ”Setelah disetujui DPRD Surabaya, baru kami berancang-ancang melakukan tender,” tuturnya.

Dia berharap, pertemuan dengan kalangan dewan bisa dilakukan bulan ini. ”Kalau sudah disetujui DPRD Surabaya akhir bulan ini dan ToR (term of reference)-nya keluar, September sudah bisa persiapan tender,” jelasnya. (ano/oni)

Sumber:

http://www.kendaripos.co.id/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=4242

4 Komentar »

  1. gembelz said,

    tahun e salah woy….

    masak tahun 200..

    tue betul kau…

  2. Pak Tas said,

    Iya, yang benar tahun 2008

    Fixed now.

    Terima kasih

  3. Yugie Tenggara said,

    pak boleh kirim more information ke email Q ?
    Q tunggu yah….
    Makacih

  4. […] from: Energi Limbah [Translate] Tags: […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: